Friday, February 1, 2013

Jangan Gemas Memencet Jerawat

Jerawat

Jerawat memanglah sesuatu yang menyebalkan jika tumbuh di wajah kita. Namun, disarankan agar tidak memencet jerawat. Memencet jerawat merupakan salah satu cara mengatasi jerawat yang salah. Jerawat pada masa puber adalah hal yang wajar. Pada wanita, bintik kemerahan itu masih sering muncul dari remaja hingga dewasa. Hal ini sangat berkaitan dengan faktor hormonal pada masa produktif. Pada masa remaja hormon estrogen pada tubuh kita masih belum stabil. Hal inilah yang membuat jerawat betah tumbuh di kulit kita.


Meskipun jerawat meradang, tidak seharusnya kita memencet jerawat. Jerawat biasanya muncul menjelang menstruasi. Setelah menstruasi selesai, biasanya jerawat juga ikut mengempis. Mengingat hal ini biasa terjadi setiap bulan, sebaiknya perempuan tak perlu risau. Bersahabat dengan jerawat adalah pilihan tepat. Membiarkan jerawat tanpa memegang apalagi memencetnya akan membuat jerawat cepat musnah.


Dampak Buruk Memencet Jerawat



Tidak memencet jerawat juga tindakan yang tepat jika tidak ingin mengalami acne vulcaris yang meninggalkan bekas. Biarkan saja, maka jerawat akan mengempis dengan sendirinya. Kalaupun yakin jerawat sudah saatnya keluar, kita tak perlu memencetnya dengan berlebihan. Jika memang sudah matang, jerawat bisa diekstraksi dengan alat khusus. Untuk mencegah iritasi gunakan kapas yang telah dilumuri alkohol untuk membersihkan agar jerawat tidak infeksi. Agar cepat kering, anda bisa langsung mengoleskan lotion untuk jerawat.

Memencet jerawat sebelum jerawat matang akan membuat jerawat semakin meradang. Selain itu akan meninggalkan noda merah dan noda hitam di wajah. Yang paling parah, jika kita memencet jerawat maka akan meninggalkan scar yang proses penghilangannya sangat susah. Untuk menghindari jerawat kita harus selalu menjaga wajah agar tetap bersih. Untuk itu bersihkan wajah untuk facial foam khusus untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat, seperti yang dikutip oleh Bandar Judi.

Firman Sarif

No comments:

Post a Comment