Tuesday, January 8, 2013

Bahaya Memencet Jerawat



Memencet Jerawat

Memencet jerawat amat tidak disarankan. Jerawat merupakan hal yang biasa dialami oleh para remaja yang sedang mengalami pubertas. Pubertas ialah keadaan dimana remaja sedang mengalami pertumbuhan dan hormon menjadi tidak stabil. Hormon akan berlebihan sehingga memicu terjadinya perubahan psikis seperti tumbuh jerawat. Jerawat biasanya dialami sejak usia 11 -19 tahun. Pada masa puber, jerawat biasanya tidak bisa dihilangkan permanen. Tetapi kita dapat mencegahnya.



Cara mencegahnya ialah dengan merawat dan senantiasa menjaga kebersihan kulit. Jerawat yang timbul sebaiknya dibiarkan, jangan dipegang apalagi dipencet. Jika tidak, jerawat akan mudah teroksidasi dan akan menimbulkan peradangan. Jika sudah meradang, jerawat akan bertambah besar dan parah. Warnanya akan semakin merah dan semakin sakit jika dipegang. Apalagi jika tangan kita kotor, ketika memencet jerawat bakteri akan mudah menempel dan malah memicu jerawat baru di tempat lain.

Dampak Memencet Jerawat


Memencet jerawat selain menimbulkan peradangan di wajah juga menimbulkan dampak lain yang semakin parah. Selain jerawat bertambah besar, jerawat akan berubah menjadi coklat kehitaman. Noda kehitaman inilah yang sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika kita memencetnya, hasilnya wajah akan menjadi bopeng dan menimbulkan scar.

Cara menghilangkan jerawat sebenarnya cukup dengan rutin membersihkannya dan juga cukup minum air putih. Bersihkan wajah dengan sabun tapi jangan yang mengandung antiseptik. Jerawat akan hilang setelah bertambahnya usia dan hormon menjadi stabil. Perbanyak minum air putih, serta konsumsi banyak sayur dan buah agar kulit tetap cantik dan sehat. Dan yang terpenting ialah jangan stress. Pengaruh stress dan kurang tidur akan merusak hormon sehingga jerawat mudah timbul kembali serta hindarilah memencet jerawat.

No comments:

Post a Comment