Friday, January 25, 2013

Kerupuk Upil, Camilan Sehat Khas Sidoarjo


Kerupuk Upil

Kerupuk upil, anda pasti belum pernah mendengarnya kecuali anda tinggal di kota Sidoarjo, Jawa Timur. Anda penyuka camilan tetapi takut gemuk?, dengan kerupuk upil anda tak perlu khawatir. Kerupuk upil bebas minyak dan tidak mengandung kolesterol. Karena tak mengandung minyak, kerupuk ini dijamin sehat dan tidak menyebabkan kegemukan meskipun kita sering mengkonsumsinya.



Berbeda dengan kerupuk lainnya, kerupuk upil ini sama sekali tak menggunakan minyak dalam proses pembuatannya. Kerupuk ini dibuat dengan cara disangrai. Kerupuk ini biasa dijajakan si sekitar jalan Sidoarjo dan Surabaya. Disebut kerupuk upil, kerena berbentuk kecil-kecil. Rasanya ada yang manis, asin dan juga pedas. Karena di sangria, kerupuk ini tak menggunakan minyak sedikitpun dan rasanya juga sangat enak.

Renyahnya Kerupuk Upil Sidoarjo


Rasa lezat dan renyah ternyata berasal dari bahan-bahan dan proses pembuatnnya. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk ini, dipilih yang bermutu baik. Terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung sagu yang diolah dan dicampur dengan air dan bumbu-bumbu penyedapnya. Setelah berbentuk adonan, kemudian diiris-iris sehingga berbentuk bundar-bundar kecil.

Proses mengeringkan kerupuk upil dilakukan dengan cara yang alami. Proses pengeringannya benar-benar dijemur di panasnya terik matahari. jika tak ada panas, masyarakat sidoarjo pembuat kerupuk biasanya memanfaatkan pananya api dengan cara pengasapan hingga kerupuk menjadi kering. Kerupuk yang sudah dijemur kemudian digoreng. Kerupuk digoreng sama sekali tak menggunakan minyak. Anda pasti bertanya bagaimana kerupuk bisa digoreng tanpa minyak. Kerupuk ini bisa digoreng dengan pasir. Oleh karena itu kerupuk upil juga disebut dengan kerupuk pasir. Oleh karena itu kerupuk ini sangat lezat dan beraroma khas.

2 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D/E/W/A/P/K
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang uang jutaan rupiah lo
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add pin bb nya D87604A1 terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete