Thursday, December 20, 2012

Perbedaan Mesin CB 150 R dan CBR 150 R


CB 150 R


CB 150 R menjadi pemberitaan booming pada akhir-akhir ini. Sebelumnya, Honda mengeluarkan model CBR 150 R yang cukup laris di pasaran. Banyak yang mengira mesin pada Honda CBR 150 R sangat berbeda dengan CB 150 R, nyatanya itu tidak benar. Hanya saja mesin CB 150 R hasil perubahan dan penambahan dari mesin CBR 150 R yang disesuaikan dengan karakter sebagai motor aplikasi harian, khususnya di kota-kota besar dengan lalu lintas yang padat. Agar sesuai untuk penggunaan sehari-hari dijalanan padat merayap, CB 150 R membutuhkan beberapa penyesuaian untuk hal itu. Salah satu bentuk penyesuaian khususnya pada mesin yaitu mengubah durasi camshaft tipe DOHC nya atau bukaan noken as.


Klep masuknya tetap sama dengan CBR 150 R, namun klep pembuangannya dibuat lebih lama membukanya. Klep ex Honda CB 150 R membuka sebesar 35 derajat sebelum TMB dan menutup sebesar 5 derajat sebelum TMA. Pada Honda CBR 150 R, klep ex membuka sebesar 30 derajat sebelum TMB dan menutup sebesar 0 derajat sebelum TMA. Langkah ini dilakukan agar torsi dan tenaga puncaknya terasa lebih bagus di putaran mesin yang lebih rendah serta membuat mesin agar selalu dingin.

Pergantian Settingan Final Gear Pada Honda CB 150 R



Agar tercipta motor yang lebih bagus, Honda melakukan langkah-langkah yang efektif sebagai penunjang kualitas motor khususnya pada motor CB 150 R. salah satu langkah yang dilakukan adalah mengganti settingan final gear. Pada Honda CBR 150 R menggunakan 15 (gear depan) dan 43 mata (gear belakang), sedangkan pada Honda CB 150 R dibuat lebih bagus yakni dengan menggunakan 15 (gear depan) dan 45 mata (gear belakang). Untuk reduksi gigi primer tetap sama dengan keluaran Honda CBR 150 R yakni 75/23. Selain itu, rasio transmisinya juga sama yakni memakai 6 percepatan.

Perubahan pada mesin dan gear membuat akselerasi pada Honda CB 150 R lebih mumpuni dan canggih daripada keluaran sebelumnya (CBR 150 R). Dengan adanya perubahan itu, Honda berharap kepercayaan publik terhadap produknya tidak pudar dan tetap menjadi produk yang terbaik di pasaran.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment