CB 150 R sejak sebelum peluncurannya, banyak yang mengira model ini persis dengan model pendahulunya, Honda CBR 150 R.
Secara kasat mata sangat nampak sekali jika keduanya dibekali rangka yang jauh
berbeda. CB 150 R memakai tipe turbular atau biasa disebut teralis. Sedangkan CBR
150 R memakai tipe rangka twin tube atau deltabox. Namun untuk masalah
stabilitas, keduanya sama baiknya karena sudah melalui proses uji coba. Rangka yang
dipakai Honda CB 150 R malah lebih persis dengan model Honda CBR 250 R daripada
rangka yang digunakan Honda CBR 150 R.
Suspensi kedua motor ini sangat jauh
berbeda. Suspensi depannya sama-sama memakai tipe teleskopik namun karakter
redamannya sangat berbeda. Sokbraker depan CB 150 R dilengkapi disk brake
seperti yang diusung New MegaPro. Untuk suspensi belakang kedua motor ini
sangat mencolok perbedaannya. Suspensi belakang CB 150 R memakai tipe pro link
serupa yang diusung CBR 250 R. Sedangkan pada CBR 150 R, sokbrakernya langsung
menempel pada swing arm tanpa link penghubung. Sistem pro link sendiri berguna
untuk meredam getaran yang lebih baik dan juga dapat meningkatkan traksi roda
belakang agar lebih stabil saat berkendara.
Sumbu Roda CB 150 R Berbeda Dengan CBR 150 R
Hal lain yang berbeda antara keduanya
adalah pada sumbu roda. CB 150 R memiliki sumbu roda lebih pendek yakni hanya
1.288 mm, sedangkan sumbu roda CBR 150 R lebih besar yakni mencapai 1.310 mm. Karakter
kelincahan CB 150 R dapat dipastikan lebih baik dibanding karakter kelincahan
CBR 150 R karena CB 150 R di konsep sebagai motor sport perkotaan.
Firman Sarif
ReplyDeletemari segera bergabung bersama kami di agen judi online |D|E|W|A|P|K|