Saturday, February 2, 2013

Buah Sirsak, Si Segar Pencegah Kanker

Buah Sirsak

Buah sirsak ialah buah yang banyak ditemui di dataran pulau jawa. Buah sirsak juga memiliki nama lain yaitu nangkaenglan . Setelah diusut, nama nangkaenglan bukanlah sebutan yang diambil dari sebuah bahasa. Nama tersebut diambil dari Nangka dan England. Buah ini masih tergolong saudara buah nangka. Agen Bola meninjau asal buah tersebut ialah dari negara Inggris.
.

Buah sirsak memiliki bentuk mirip mangga tetapi lebih besar. Selain itu disisinya banyak duri tetapi tidak terlalu tajam. Buah yang juga memiliki sebutan soursup ini memiliki daging yang putih dengan biji yang jarang dan rasanya sedikit asam, manis, dan segar. Buah ini paling cocok dibuat es maupun menjadi campuran sirup. Tak hanya itu, didalam buah sirsak terdapat zat yang disebut anti kanker.


Nikmatnya Mengkonsumsi Buah Sirsak



Penelitian menyimpulkan bahwa didalam buah sirsak banyak terdapat kandungan vitamin dan juga antioksidan yang tinggi. Zat-zat pembuang racun itulah yang mampu mencegah kanker menyebar tubuh kita. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, yaitu dengan menyendok dan memberikan sedikit gula. Buah ini juga lebih nikmat jika ditaruh di lemari pendingin. Selain mencegah penyakit kanker, buah sirsak ternyata baik untuk menurunkan hypertensi. Khasiat lain dari buah sirsak ialah mengatasi datang bulan.

Air rebusan daun sirsak juga dipercaya mampu mencegah penyakit. Tanaman sirsak banyak tumbuh di daerah yang beriklim sedang dan cenderung panas. Karena jika sering kehujanan, buah ini rawan menjadi busuk. Saat ini banyak produk olahan seperti selai, kue dan permen yang memanfaat sirsak sebagai produk olahannya. Bahkan saat ini juga banyak ramuan herbal yang terbuat dari buah yang juga dijuluki jack fruit ini.

Firman Sarif

No comments:

Post a Comment