Tuesday, February 26, 2013

Tips Mengatasi Pegal Pasca Olahraga

Olahraga

Olahraga memang memberikan banyak manfaat. Dengan olahraga tubuh bisa menjadi bugar dan fresh. Hal ini dikarenakan otot-otot kita yang kaku dan tegang sering digerakkan. Selain itu olahraga juga mengeluarkan keringat dan membuat kita merasa rileks setelahnya. Melakukan olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, setelah olahraga terkadang kita merasa capek dan pegal. Berikut ialah tips mengatasinya seperti yang dilansir Kasino Bola.


Setelah Olahraga, jika kita merasa lelah segeralah beristirahat. Namun jangan langsung duduk, apalagi sampai menekuk kaki karena bisa menyebabkan varises. Untuk mengatasi rasa lelah, kita bisa melakukan pendinginan agar tubuh dan otot tidak kaget. Sekitar lima menit, kita kita bisa melakukan peregangan dan duduk dengan kaki selonjor. Hal ini dimaksudkan untuk pelemasan otot.


Hindari Pegal Pasca Olahraga 


Satu jam setelah Olahraga biasanya perut akan menjadi lapar. Beri asupan dengan makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat supaya rasa lelah bisa tergantikan. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak. Jika perlu perbanyak asupan buah dan sayur yang kaya akan serat. Selain bagus bagi tubuh, ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Jika ingin lebih segar, minumlah jus buah karena buah mengandung gula alami yang bisa menambah energy. Tambahkan susu jika anda suka, karena susu mengandung protein hewani yang sangat baik untuk tubuh.

Jika otot kaki terasa pegal setelah Olahraga, coba sanggah kaki dengan bantal sehingga posisi kaki lebih tinggi daripada kepala. Tidurlah dengan posisi telantang. Jika sudah terasa rileks, anda bisa melanjutkannya dengan mandi untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Gunakan body wash yang mengandung cooling deo karena kesejukannya akan memberikan energizing.

Firman Sarif

No comments:

Post a Comment