Friday, January 18, 2013

Tips Mengatasi Demam Panggung


Demam Panggung

Demam panggung biasa terjadi saat seseorang diminta tampil dihadapan umum. Demam panggung biasanya dikarenakan rasa cemas yang berlebihan sehingga menimbulkan stress ringan. Demam panggung biasanya ditandai dengan gemetar, wajah pucat pasi, keluar keringat dingin, dan juga seperti ingin kencing. Hal ini wajar sakja terjadi. Tetapi apabila berlebihan, berikut ada cara untuk mengatasi demam panggung.


Cara pertama mengatasi demam panggung ialah dengan cara mengontrol fisik. Sebelum tampil, fisik kita harusnya dalam keadaan fit. Tidur secukupnya pada saat akan tampil. Selain itu kita juga harus sarapan agar tidak gemeta. Selain kondisi fisik, kita juga harus mempersiapkan kondisi psikis. Pelajarilah materi yang ada sebelumnya. Jika kita sudah merasa menguasai, kita akan merasa percaya diri.

Mencegah Demam Panggung Berlebih


Mencegah demam panggung sebenarnya dimulai melalui pikiran. Pada dasarnya, stress diakibatkan dari persepsi kita yang berlebihan. Masalah-masalah ringan inilah yang menyebabkan stress. Agar tidak terjadi stress buatlah fikiran anda se rileks dan se reflex mungkin. Pikiran yang tenang akan mengontrol emosi kita sehingga pikiran kita lebih dapat untuk dikendalikan.

Menghadapi demampanggung yang terakhir ialah dengan cara selalu percaya diri. Jika kita percaya diri, kita akan selalu merasa mampu. Jangan selalu berpikiran salah. Kesalahan biasa terjadi ketika anda tampil di depan umum. Anda harus percaya bahwa anda mampu melakukannya dan anda yakin semua akan anda lewati dengan sukses. Perbanyak membaca doa dan usahakan minum sebelum tampil agar pikiran anda tenang dan tenggorokan tidak kering. Bacalah kembali teks yang anda siapkan beberapa menit sebelum tampil. Usahakan jangan gugup dan percaya anda pasti bisa.


No comments:

Post a Comment