Friday, January 11, 2013

Mengatasi Sakit Ringan Tanpa Obat


Sakit Ringan

Sakit ringan yang dialami seseorang tak harus diatasi dengan obat. Obat memang membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi obat, akan berpengaruh buruk bagi tubuh kita dan malah akan membuat penyakit semakin parah. Obat memang diperlukan untuk mengobati penyakit, tetapi jika penyakit itu masih bisa diatasi tanpa obat, ada baiknya kita menghindari obat-obatan demi kebaikan tubuh kita.


Sakit ringan seperti flu, demam, sakit kepala, ialah penyakit yang sangat lumrah dialami manusia. Penyakit ini tidak menyebabkan kematian, hanya saja mengganggu aktifitas kita. Kita sering tanpa sadar dengan segera minum obat-obatan meskipun tak diperlukan. Kita hanya ingin cara instan agar penyakit cepat sembuh. Memang benar, penyakit akan menjadi cepat sembuh, tapi efek buruknya banyak 'kotoran' tak diperlukan mengendap di tubuh kita.


Sakit Ringan Tak Perlu Konsumsi Obat


Mengkonsumsi obat terutama yang mengandung antibiotic ketika hanya mengalami sakit ringan, akan menyebabkan resistensi. Resistensi ialah ketidak mampuan tubuh melawan penyakit dikarenakan penyakit sudah terlalu kebal di tubuh kita. Penggunaan antibiotic yang salah malah akan membuat penyakit tak mempan lagi jika diberi antibiotic yang sama. Kita memerlukan dosis yang lebih tinggi daripada dosis yang diberikan sebelumnya.

Parahnya lagi, kelebihan obat yang menjadi resistensi membuat kuman dalam tubuh kita semakin kuat berkembang biak. Dan pada akhirnya kuman dan virus tersebut tak dapat diatasi dengan obat lagi. Jika kita mengalami sakit ringan, pakailah saja cara yang lebih aman. Misal ketika pusing mengoleskan balsam, sakit perut membalurkan minyak kayu putih, dan ketika panas mengompres dengan es batu. Cara alami mengobati sakit ringan ini diyakini lebih aman karena tidak melalui proses masuk ke dalam tubuh.


No comments:

Post a Comment