Tuesday, December 25, 2012

Serba-Serbi Jintan Hitam Untuk Kesehatan


Jintan Hitam

Jintan hitam atau yang saat ini dikenal masyarakat dengan nama Habbatus Sauda ialah suatu biji dari tumbuhan yang berwarna hitam. Bumbu dapur yang satu ini banyak digunakan pada masakan yang berbau timur tengah. Seperti Pakistan, arab Saudi, india. Aroma rempah amat berasa tatkala bumbu ini digunakan pada masakan. Orang timur tengah mencampurkan jintan hitam ini dengan tujuan sebagai penyedap rasa dan memberikan rasa hangat di tubuh.

Namun belakangan ini baru ditemukan bahwa ternyata manfaat jintan hitam bukan hanya sebagai penyedap rasa. Jintan hitam ternyata amat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan setelah diketahui, ternyata Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa jintan hitam dapat digunakan untuk mengobati semua jenis penyakit yang ada di dunia kecuali kematian. Hal ini kemudian dibuktikan dengan penelitian dan percobaan, dan hasilnya ternyata jintan hitam mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Jintan Hitam Penyembuh Segala Penyakit


Jintan hitam ternyata di arab merupakan obat turun temurun yang dipergunakan untuk mengobati penyakit. Penyakit-penyakit ringan yang dapat disembuhkan ialah sperti flu, demam, meriang dan nyeri. Biasanya masyarakat arab mencampurkan jintam hitam sebagai minuman. Agar rasa rempahnya tidak terlalu menyengat, biasanya mereka mencampurkannya dengan teh, kopi, dan juga madu. Setelah diminum kemudian istirahat yang cukup, biasanya keesokan harinya kondisi tubuh akan segera membaik.

Selain penyakit ringan , ternyata jintan hitam mampu mengobati penyakit berat seperti stroke, kencing manis, penyakit jantung, darah tinggi, komplikasi dan lain sebagainya. Orang pada zaman dahulu mempergunakannya sebagai campuran jamu. Namun, saat ini habbatus suda dikemas dengan lebih praktis seperti kapsul dan pil. Hal ini membuat jintan hitam lebih mudah untuk dikonsumsi.

Firman Sarif

No comments:

Post a Comment