Tuesday, December 25, 2012

Agar-agar, Si kenyal Kaya Serat


Agar Agar

Agar-agar, kudapan lezat yang pasti semua orang suka. Rasanya amat segar dan lezat, teksturnya kenyal, lembut, dan renyah di mulut. Agar-agar nikmat disantap biasa dan juga lezat apabila dicampur bahan lain. Misalnya dicampur susu, coklat, buah, sirup, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, selain rasa yang unik tersebut agar-agar juga ternyata banyak sekali manfaatnya. Manfaat tersebut ternyata diambil dari bahan dasar utamanya yakni rumput laut.

Agar-agar saat ini dikenal dari berbagai macam jenis. Agar-agar bisa dibuat pudding, jelly, konyaku, dan candy bar. Selain itu, masih banyak lagi jenisnya. Rumput laut dalam kandungan agar-agar memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat utamanya ialah melancarkan pencernaan. Agar-agar memiliki serat yang amat bagus bagi tubuh. Apabila kita menderita sembelit, segera konsumsi agar-agar. Maka, percernaan dan buang air besar kita akan lancar.

Manfaat Konsumsi Agar-Agar


Selain bagus untuk pencernaan, ternyata agar-agar juga bagus untuk kulit. Rumput laut dikenal dapat membuat kulit halus dan mulus. Selain itu, apabila kita rutin konsumsi agar-agar, maka kulit kita akan mempunyai tekstur yang kenyal dan kencang. Agar-agar menjadi alternative mudah untuk mengkonsumsi makanan enak tetapi juga kaya manfaat. Agar-agar juga dapat menjadi kudapan pada saat diet. Konsumsi agar-agar membuat kenyang tetapi tidak membuat gemuk seperti nasi.

Selain itu, agar-agar juga dipercaya untuk menyembuhkan panas dalam. Apabila kita sedang mengalami panas dalam, kita dapat mengkonsumsi agar-agar supaya suhu tubuh menurun. Tak hanya itu, agar-agar baik dikonsumsi apabila kita baru saja sembuh dari sakit. Tekstur agar-agar yang halus baik untuk lambung yang baru saja mengalami proses penyembuhan.

Firman Sarif

No comments:

Post a Comment