Wednesday, December 26, 2012

Bahaya Mengkonsumsi Junk Food Jangka Panjang


Junk Food

Junk food ternyata juga membahayakan tubuh bila terlalu sering dikonsumsi. Jangan salah, fast food sebenarnya ialah Junk Food, yakni makanan tempat sampah. Disebut Junk Food ialah karena makanan tersebut sebenarnya tak layak untuk dimakan karena didalamnya mengandung banyak kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh manusia jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Memanglah bagi kehidupan modern saat ini, semua orang ingin hal-hal yang serba praktis. Oleh sebab itu, junk food dijadikan pilihan utama untuk orang-orang yang tak mau repot. Bagaimana tidak, junk food sangat mudah ditemui dimana-mana. Kita pasti lebih suka memakan burger, kentang goreng, dan soft drink ketimbang memilih menu nasi padang, papaya, dan es teh. Padahal jika dilihat dari takaran gizi dan menu sehat, pilihan kedua yang lebih baik untuk tubuh. Namun, menu kedua tidak praktis. Junk Food dapat kita bawa kemana-mana.

Junk Food, Si Lezat Tetapi Jahat


Taukah anda bahwa Junk food sebenarnya amat berbahya bagi tubuh ? . sepotong pizza ternyata mengandung 400 kal/kg. untuk anda yang diet dan mengerti tentang porsi makanan pasti tahu cara menghitung kalori. Jika berat badan kita 45 kg, maka takaran porsi kita ialah 450 kalori. Itu baru satu potong pizza, padahal kita bisa menghabiskan tiga potong pizza sekaligus dalam sekali makan.

Orang yang sering mengkonsumsi Junk food biasanya lebih rentan terkena obesitas, kanker, radang usus,dsb. Hal ini disebabkan junk food banyak mengandung lemak jahat, lemak trans, bakteri, dsb. Oleh sebab itu, makanan lezat ini tak layak untuk dikonsumsi jangka panjang. Efeknya akan terasa pada saat lanjut usia nanti.

No comments:

Post a Comment